2 Komentar

HKI Penting Dilindung

Horta, boneka kreatif yang dilindungi HKI... Akan meminimalis pembunuhan kreatifitas akibat penyontekan atau pembajakan...

Horta, boneka kreatif yang dilindungi HKI... Akan meminimalis pembunuhan kreatifitas akibat penyontekan atau pembajakan...

HKI merupakan hak yang berasal dari karya, karsa, cipta manusia karena lahir dari kemampuan intelektualitas manusia dan merupakan hasil kegiatan kreatif suatu kemampuan daya pikir manusia yang diekspresikan kepada khayalak umum dalam berbagai bentuknya, yang memiliki manfaat serta berguna dalam menunjang kehidupan manusia juga mempunyai nilai ekonomi. Kekayaan intelktual didapatkan dari proses berfikir dan mengkaji suatu permasalahan di lingkungan masyarakat, sehingga didapatkan sebuah produk berupa karya kesusastraan, artistik dan ilmu pengetahuan, seni, audio visual, penemuan dalam bidang usaha manusia, penulisan ilmiah, desain industri, atau merek dagang.

Hak kekayaan intelektual harus mendapat perlindungan dan keistimewaan. Dalam agama, Allah sangat mengistimewakan orang yang berfikir dan menemukan kekayaan intelektual. Dalam firman-Nya “niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Mujaadilah 8 : 11)” Ilmu pengetahuan dalam ayat tersebut merupakan kekayaan intelektual yang tidak didapatkan begitu saja. Namun melalui sebuah proses berfikir yang panjang.

Tempe, Asli makanan khas Jawa, namun terlebih dulu dipatnkan oleh Jepang

Tempe, Asli makanan khas Jawa, namun terlebih dulu dipatnkan oleh Jepang

Hingga tahun 2008, UKMK yang telah memanfaatka HKI baru 2 persen (Chairul Djamhari, Deputi Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha). Hal tersebut menunjukka lemahnya perhatian masyarakat terhadap perlindungan kekayaan intelektualnya sendiri. Tidak semata karena lemahnya perhatian, masyarakat cendrung tidak memanfaatkan HKI karena mereka menganggap HKI tidak memberikan keuntungan secara langsung. Padahal, keberadaan HKI sebenarnya akan memberikan kontribusi tinggi pada produk mereka. Pemanfaatan HKI dapat meningkatkan daya saing suatu produk di kancah internasional. Sehingga, dengan memanfaatkan HKI dapat meningkatkan GDP dengan angka yang signifikan.

UKMK seharusnya memanfaatkan HKI untuk meningkatkan perkonomian. Inovasi-inovasi industri dan produk-produk kreatif banyak ditemukan di tingkan UKMK. UKMK Bekerja secara dinamis, sehingga satu UKMK tidak terikat pada suatu produk seperti halnya pada perusahaan besar. Hal inilah yang membuat UKMK lebih produktif dalam menemukan inovasi baru. Keberadaan HKI akan memberikan perlindungan kepada usaha tersebut atas karya inovasi yang dia miliki. Hal tersebut akan memperkuat posisi produknya dalam persaingan global.

Pentingnya memanfaatkan HKI adalah untuk melindungi kekayaan intelektual. Hal-hal yang dapat merusak keberlanjutan suatu usaha seperti pembajakan dan penyontekan hanya dapat diatasi dengan pemanfaatan HKI. Produk yang tidak mendapatkan perlindungan HKI berarti dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dengan bebas, dan pemilik kekayaan intelektual tersebut tidak berhak atas apapun dari hasil pemanfaatan yang dilakukan oleh orang atau perusahaan lain. Tentu saja hal ini sangat merugikan jika terjadi. Bahkan lebih parahnya, orang atau perusahaan lain dapat dengan mudah mengklaim produk inovasi tersebut sebagai milik mereka, dan Hak Kekayaan Intelektual atas produk tersebut bisa jatuh ketangan mereka.

Kekayaan intelektual sangat rentan terhadap pembajakan. Untuk itu, dalam perekonomian, kebudayaan dalam menghargai Hak kekayaan intelektual akan mempertahankan keberlanjutan ekonimi kreatif. Manfaatkan HKI untuk mempertahankan produk inovasi kreatif yang dimiliki. Jangan biarkan kejadian saling mengklaim terus berlanjut.

Teknopreneur

Iklan

2 comments on “HKI Penting Dilindung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: