2 Komentar

Peran Teknologi Setelah Lulus Nanti

tugas penerapan komputer…

Teknologi berkembang setiap saat menjawab kebutuhan manusia. Hingga ungkapan “siapa yang menguasai teknologi, maka ia akan menguasai dunia”. Karena hal tersebut, di era sekarang ini, manusia tidak dapat hidup tanpa mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi, bukan saja peralatan-peralatan canggih yang terus di keluarkan. Namun, teknologi adalah segala hal yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan urusannya.

Kemajuan teknologi saat ini sudah mencapai sebuah puncak kejayaan. Saat ini, dengan ditemukannya peralatan-peralatan teknologi, hampir semua peranan manusia dapat digantikan. Contoh sederhana, peneman teknologi mesin cuci, talah menggantikan peran manusia yang biasanya melakukan pencuian dengan manual. Demikian juga dengan penemunan computer, banyak hal yang sudah digantikan, terutama data virtual yang lebih mudah untuk digunakan.

Melihat perkembangan teknologi tersebut, serta manfaat yang penting bagi manusia. Maka saya telah merencanakan pemanfaatan teknologi. Mengukir masa depan dengan berada di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, maka perencanaan saya untuk masa depan adalah menjadi seorang jurnalis handal hingga suatu saat nanti mampu membangun sebuah saluran TV swasta milik sendiri.

Dengan rencana tersebut, di awal kelulusan maka kebutuhan teknologi pertama saya adalah sebuah handphone, Kamera DSLR, Seperangkat komputer rumah, sebuah printer colour dan jaringan internet. Teknologi ini memang lebih pada teknologi informasi, mengingat bagian pekerjaan yang saya pilih memang merupakan sebuah arus komunikasi. Peralatan tersebut menjadi kebutuhan primer yang dapat menunjang karir yang saya bangun. Walau peralatan tersebut merupakan kebutuhan setelah lulus, namun satu per satu akan diusahakan telah dimiliki sebelum lulus.

Seiring perjalanan waktu, kebutuhan akan teknologi informasi yang dibutuhkan akan meningkat. Pendirian sebuah Production House akan banyak memanfaatkan teknologi baru yang sebelumnya belum dimiliki. Dengan perubahan tersebut, maka teknologi terbaru yang menjadi keubutuhan adalah kamera broadcast. Kamera ini adalah hal yang harus dimiliki ketika membangun PH tersebut.

Teknologi yang semakin tinggi akan mengikuti kebutuhan dalam memajukan karir. Sebuah stasiun Televisi swasta yang dibuat dekat dengan masyarakat, dengan tayangan-tayangan yang juga terbuka untuk masyarakat. Beberapa fasilitas sangat dibutuhkan. Terutama teknologi tinggi system informasi satelit. Pendirian Stasiun TV ini merupakan hasil pembelajaran dari sekian banyak pengalaman yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Jurnalis dan PH merupakan pekerjaan yang memang harus memahami apa yang dibutuhkan masyrakat. Bukan memberikan apa yang ingin disampaikan jurnalis atau PH tersebut. Dengan memahami kebutuhan masyarakat, stasiun Tv akan memberikan segala informasi, termasuh hiiburan dan jam tanyang kepada masyarakat.

Pendatang baru akan sulit bersaing dengan orang yang sudah lama ada di masyarakat. Namun dengan pendekatan dengan masyarakat. Maka pemahaman akan kebutuhan masyarakat dapat menyaingi pesaing lain, sehingga persaingan dalam system informasi dapat diatasi.

Kebutuhan akan teknologi tidak akan pernah berhenti. Bahkan teknologi tidak memiliki puncak maksimal hingga pekerjaan manusia mungkin dapat benar-benar tergantikan oleh teknologi. Pada intinya, teknologi yang akan saya butuhkan setelah lulus nanti adalah teknologi Informasi.

Iklan

2 comments on “Peran Teknologi Setelah Lulus Nanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: