4 Komentar

Kado Dari Desa

Sebuah Film dokumenter yang mendapatkan penghargaan terbaik ke-2 dalam ajang IPB Art Contest yang baru saja terselenggara di IPB. Film ini mengangkat tema “Cerdas Indonesiaku”. Film ini di garap oleh 4 petualang dunia maya yang masih dangkal dalam mengenal film dokumenter.

Terinspirasi dari salah satu mata kuliah KPM yang membuat kami harus turun ke desa untuk melakukan penelitian selama 3 hari. penelitian kami berujung pada pengenalan yang sangat dalam tentang kondisi pendidikan di desa tersebut. Perlahan kami mencari tahu seluk-beluk alur pendidikan masyarakat setempat. dan jawabannya kami gambarkan dalam sebuah film dokumenter pendek.

Film ini menceritakan pendidikan di desa ciaruteun ilir berjara 45 menit menggunakan kendaraan dari PUSA KOTA BOGOR. dengan jarak yang sedemikian dekat, ketimpangan sarana dan prasarana umum begitu dirasakan terutama sarana pendidikan. Hal yang tak kami duga sebelumnya adalah, ternyata, untuk sampai di sekolah SD pelajar-pelajar tersebut harus berjalan kaki sekitar 2km. bukan karena tidak ada kendaraan yang bisa masuk. melainkan karena tidak ada kendaraan yang mau masuk. itulah masalahnya. belum lagi pelajar SMP dan SMA, mereka berkesempatan naik angkot ke sekolah. namun sangat disayangkan, mereka harus sudah siap berangkat puku 05.30, karena satu satunya kendaraan yang lewat adalah pada jam tersebut. Unik, bernagkat sepagi itu dengan jam sekolah pukul 07.00 padahal mereka hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk tiba di sekolah. ketika terlambat menggunakan kendaraan tersebut. maka mereka terpaksa mengeluarkan uang lebih untuk menyewa Ojek. Dan sudah menjadi keseharian mereka, 45 menit di tengah terik siang hari berjalan kaki selepas pulang sekolah. perjuangan yang amat berat untuk mengecap pendidikan formal.

Namun, ditengah keterpurukan pada akses pendidikan,semangat belajar didesa ini tergolong tinggi. sekelompok ibu-ibu buta huruf, bersama-sama mengikuti program belajan informal yang menjadi program pemerintah. mereka belajar penuh antusias, walau menggunakan buku pelajaran kelas 1-2 SD.

Keterbatasan bukanlah halangan untuk mengejar mimpi… inilah yang kami angkat. sebuah kado besar yang kami dapatkan…

Iklan

4 comments on “Kado Dari Desa

  1. Wah, mana video nya.. kek nya keren neh..

  2. iya..niy..mana videonya..byar lebih mantaph..

  3. Nama : Putri Ekasari
    Email :syifa_friendly@yahoo.co.id
    URL : http://putrip0819.student.ipb.ac.id

    ” Bagus Aha..terus berkarya..paling tidak,lewat film qt bs mengaplikasikan ilmu yg didapat dikmpus agar masyarakat bs merasakan manfaatnya,espcially msykt pdesaan..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: