Tinggalkan komentar

Index 2010, Spektakuler

The reak movement to save our water for sustainable development. Ini merupaka tema yang di usung “Indonesian Ecology Expo” (Index) 2010 Tahun ini. Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekuti Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (BEM FEMA) di bawah ketua Bem Bayu Maulana. Gilang Lengka Mustika Sebagai ketua pelaksana dapat dikatakan sukses mengorganisir sekitar 65 panitia Index 2010, sehingga menghasilkan puncak acara yang sangat spektakuler.

Index 2010 memilikiri serangkaian acara yang telah dipersiapkan secara matang. Pada tanggal 17 Oktober lalu, panitia sudah turun ke desa Neglasari untuk melakukan “Real Action” Aksi penjernihan air sederhana. hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas air sungai di desa setempat. Kegiatan berikutnya pada tanggal 22 Oktober 2010, “Pra Index” dilaksanakan. Seluruh peserta lomba (Debat, LKTM, dan CIPTA LAGU EKOLOGI) bertarung dengan sekuat tenaga. Yang terbaika akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah yang telah disiapkan oleh panitia Index 2010.

Puncak acara index diselenggarakan pada hari minggu, 24 Oktober 2010 di IPB International Convention Centre Botani Square. Pemilihan lokasi di IICC membawa kesan megah pada acara ini. Reatusan peserta sudah berada di lokasi jauh sebelum waktu pembukaan dimulai. Pukul 09.00 meja registrasi di buka. satu persatu ujung tiket di gunting dan disetempel panitia sebagai pertandan bahwa sang pemilik tiket sudah diperkenankan masuk. Sesaat, bangku peserta penuh. sebagian peserta yang tidak mendapatkan bangku kosong, tidaklah menjadi masalah. mereka berkeliling mengunjungi stand pameran dari berbagai lembaga yang memiliki perhatian pada lingkungan.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan hangat dari panitia kepada peserta, tamu undangan dan para pengisi stand. Ketua pelaksana memberikan sambutan menggambarkan sedikit kondisi lingkungan kita saat ini. Ketu Bem kemudian turut menyambut peserta dan memberikan selamat kepada panitia, karena masik tetap konsisten dari 6 bulan sebelumnya dalam persiapan dan pelaksanaan acara index 2010. Sambutan terakhir sekaligus pembukaan secara resmi dengan pemukulan Gong oleh Dekan Fakultas Ekologi Manusia, Dr. Arif Satri.

Acara dilanjutkan dengan obrolan santai berupa “Tolk Show” yang di moderatori oleh presenter Metro TV, Prabu Revolusi. Talk Show ini mengangkat tema “Sava our water for better healt and Echology”. dengan pembawaan acara yang menarik dan pembicara yang kompeten di bidangnya, terlihat semua peserta antusias mengikuti jalannya diskusi. Acara ini semakin menarik mengingat panitia telah menyiapkan pembicara dari latar belakang yang berbeda, ada yang dari pemerintahan (KLH), dari swasta (danone), dari komunitas Peduli Lingkungan (LSM), WWF Indonesia (LSM), dan Akademisi. Tingginya antusiasme peserta terlihat jelas ketika sesi diskusi dan pertanyaan dilemparkan kepada peserta. mungkin lebih dari 25% perserta mengacungkan tangan untuk berpendapat dan memberikan pertanyaan kepada pembicara. walau tidak dapat memenuhi semua peserta yang ingin bertanya, namun pembicara diharapkan sudah dapat merangkum semua jawaban yang kira-kira akan masih menjadi peryanyaan di benak peserta. Dua peserta yang berunung dari pertanyaannya yang dianggap paling baik, mendapatkan kesempatan di traktir oleh Prabu Revolusi. Penanya lain mendapatkan hadiah dari panitia.

Pada akhir acara, setelah Penganugrahan Award Lingkingan diberikan, dan Lomba debat politik dilangsungkan secara panas dan menggugah pro dan kontra, Satu persatu hiburan yang telah disuguhkan panitia dihidangkan. Kawanan Perkusi “Ana Langit” seolah mengundang massa untuk datang ke depan panggung. Aksi Seven Soul tentu saja tidak mau kalah. Penampilan mereka yang sangat expresif membuat pengunjung Index 2010 semakin membeludak. Tantu saja penampilan tompi menjadi salah satu rangkaian acara yang dinant-nanti oleh peserta. Dua lagu yang dinyanyikan Tompi sudah cukup membawa peserta pada suasana yang sangat nyaman.

Ketertiban peserta kala itu sangat diacungi jempol oleh panitia. Kehadiran bintang tamu yang mimiliki potensi kekacuan tinggi memang sempat menjadi kekhawatiran panitia. hal inilah yang membuat panitia begitu waspada diakhir acara.

Pengumuman Pemenang Lomba dan penganugrahan hadiah, mengakhiri kegiatan Index 2010. Kesalahan dan kekurangan panitia saat ini dapat dimaklumi karena kesalaham memang sesuatu yang manusiawi. Ketidaktepatan waktu dan perubahan acara merupakan bagian yang tidak terhindarkan dalam satu kegaitan. Manusia hanya bisa merencanakan, namun apapun yang terjadi sudah menjadi keputusan Sang Pemilik Keputusan. Untuk semua kukurangn inilah panitia dengan tulus memohon maaf dengan sedalam-dalamnya.

Semoga kita masih akan bertemu dengan INDEX 2011 yang lebih spektakuler…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: