3 Komentar

Kredibilitas BMKG, Dipertanyakan ???

Gempa 7,2 SR yang terjadi beberapa hari lalu, secara resmi telah dinyatakan tidak berpotensi Tsunami Oleh BMGK. Namun, Berdasarkan pengakuan seorang warga Desa Malakopa, Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Marsono (30), gelombang tsunami terjadi sekira pukul 23.00 WIB tak lama setelah kawasan tersebut diguncang gempa 7,2 skala richter (okezone.com).  Kini jumlah korban akibat gempa dan tsunami tersebut talah mencapai sedikitnya 311 orang (cetak.kompas.com), dan sekitar 1900 orang dinyatakan belum diketahui nasibnya secara pasti (Sekilas Info RCTI 16.00).

Kini, ratusan korban telah jatuh, dan sikap saling menyalahkan dan membebankan tanggungjawab kepada pihak lain. Sistem peringatan dini bencana tsunami di Indonesia masih lemah (kompas.com). Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Moch Riyadi menjelaskan, pemerintah daerah menjadi penentu dalam menyebarluaskan peringatan dini potensi tsunami kepada masyarakat luas. Kuncinya maemang pada kearifan lokal, seperti kearifan smong di Pulau Simeulue, Aceh. Intinya, kalau ada gempa keras langsung ke bukit, tidak perlu lihat pantai surut atau tidak atau tunggu peringatan dini.

BMKG yang menjadi salah satu lembaga terpercaya ternyata belum dapat memberikan informasi yang terpercaya. Sebagai sebuah lembaga yang profesional, Keputusan yang diberikan BMKG sebenarnya mempertaruhkan citra dan kredibiltas mereka. Korban sudah berjatuhan… tidak ada yang dapat dilakukan, selain menyisir puning-puing reruntuhan. mencari jasad-jasad yang sudah tidak bernyawa.

kembali saya kutip berita ini :

BMKG Cabut Peringatan Tsunami

Senin, 25 Oktober 2010 | 22:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencabut peringatan tsunami akibat gempa 7,2 skala Richter yang mengguncang wilayah Mentawai, Sumatera Barat, Senin (25/10/2010).
Sebelumnya, BMKG melansir gempa berkekuatan 7,2 skala Richter pada pukul 21.42 WIB, di 78 kilometer Barat Daya Pagai Selatan, Mentawai Sumbar, pada kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami.
Iklan

3 comments on “Kredibilitas BMKG, Dipertanyakan ???

  1. Hah?

    benar-benar mengecewakan!

  2. BMKG yang bermasalah, atau oknumnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: