7 Komentar

Mengetahui Nilai Teman Lewat Cara Bicaranya

Hem… musim ujian sedang berlangsung. minggu pertama telah terselesaikan dengan aman dan sentosa. Tiba saatnya memasuki ujian minggu ke dua sambil menanti Liburan akhir semester yang panjangnya kira-kira 20 tahun (biar semangat). Kalo yang namany ujian, pasti ada nilai yang ditunggu-tunggu pasca ujian tersebut. “angka” yang menunjukkan hasil kerja keras selama setengah semester ke belakang. Angka ini ‘katanya’ efektif dalam menilai kemampuan dan hasil belajar seseorang. Tapi sebenarnya saya kurang begitu percaya dengan hasil itu… karena aku tidak pernah mendapatkan nilai yang tinggi dengan pemahaman seadanya (ya iya lah… hihihi).

Berbicara tentang nilai ujian ‘lagi’. maka membandingkan nilai adalah hal yang wajar yang dilakukan mahasiswa. Tujuannya sepertinya (tanpa penelitian) mengetahui posisi nilanya di bandingkan dengan nilai teman-teman yang lain, sehingga dia bisa mengetahui posisinya dibandingkan dengan teman-temannya. Golongan atas, menengah atau bawah (terbelakang).

Tidak mudah biasanya mengetahui nilai orang jika langsung ditanyakan ke padanya. Mugkin nilai itu bisa di ketahui jika melihat di papan pengumuman. iya kalau papan itu mencantumkan nama ’empunya’ nilai. kalo yang masuk cuma nomer mahasiswa duang? kan susah.

nah, iniliah tujuan posting kali ini. kita akan berusaha menilai nilai ujian teman melalui caranya memberikan jawaban kepada kita. caranya adalah;

1. Berikan pertanyaan kepada teman tersebut, misalnya “kamu ujian ***ini*** dapat nilai berapa?

otomatis dia biasanya tidak akan memberikan nilai yang utuh. hanya simbol-simbol bahasa yang akan di gunakan. seperti, “lumayan lah” dan sebagainya.

Nah dari jawaban seperti itu lah kita bisa mengetahui nilai yang di dapatkan teman kita tersebut. Tapi nilai di sini adalah HURUF MUTU bukan nilai sebenarnya. karena kalo mencari nilai sebenarnya itu tentunya jauh lebih mudah.

Dari hasil berdiskusi dengan taman-teman dalam diskusi yang sama sekali tidak ilmiah dan hanya ngobrol ngalang ngidul ga jelas dan tak bertema. maka saya sempat mendengarkan rumusan teman-teman mengenai nilai huruf mutu seseorang dari cara dia menjawab ketika diberikan pertanyaan seperti di atas. dan inilah hasil rumusannya.

  • jika dia mendapat nilai A; jawabannya adalah ALHAMDULILLAH
  • jika dia mendapat nilai B; jawabannya adalah LUMAYAN LAH
  • jika dia mendapat nilai C; jawabannya adalah CUKUP LAH
  • jika dia mendapat nilai D; jawabannya adalah KACAU ITU MAH, ANCUR, JELEK dan kata lainnya yang menggambarkan dirinya (xixixixi)
  • jika dia mendapat nilai E; jawabannya adalah (*()*#($#$*^@((*#(*@&#

Nah, jadi sekarang dengan istilah itu… kamu akan lebih mudah mengetahi apa huruf mutu temanmu lewat cara biacaranya. jadi rajin-rajinlah bilang Alhamdulillah ketika nilaumu di tanya… xixixi

*Tidak ada usur ilmih dalam menetapkan skala tersebut… silahkan di percaya kalo lagi iseng.. tapi jangan peracaya-percaya banget,…. xixixi

 

Iklan

7 comments on “Mengetahui Nilai Teman Lewat Cara Bicaranya

  1. alhamdulliah teman saya nilainya gede..kalo nilai saya . . . . . .

  2. hehe… baru liat gambarnya…. jadi pengen ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: