8 Komentar

Seribu Wajah Indonesiaku

Hari ini aku tidak sedang menulis mengenai judul yang aku tulis tersebut. Namun dalam tulisan ini aku ingin menuliskan apa yang sebenarnya ingin aku tulis. Sebuah inspirasi muncul kala aku melihat segerombolan anak kecil yang tegar, berwajah apa adanya, dan tampak berbeda dengan anak-anak lainnya ketika baju lusuh itu mereka kenakan. Ciri khas yang paling menjolkan lagi adalah, sebuah gitar kecil begitu lihai di mainkan oleh jari imut mereka. Sekolompok anak kecil yang sempat membatku minder. minder dengan status yang sudah seperti ini, masih saja kalah kemandiriaan dengan anak-anak kecil itu. Pengamen, itu kita selalu menyebutnya.

Tentu, bukan di pusat perbelanjaan aku bertemu dengan anak-anak itu. melainakan, sebuah halte bus yang berdiri kokoh di pinggir jalan protokol. ingin mengajak bicara salah satu dari mereka. tapi saat itu tidak ada ide, bagaimana memulai pembicaraan tersebut. ingin mengetahui apa yang ada di perasaan anak-anak kecil seperti itu. yang hidup tegar menghadapi dunia dengan gitar kecil di tangannya.

Disanalah aku terfikir, ingin rasanya menggambarkan wajah indonesia dari segala sudut pandang. wajah indonesia dalam sebuah tulisan. Melihat indonesia dari sudut pandang anak-anak jalanan, melihat indonesia dari hiruk-pikuk kemacetan, melihat indonesia dari megahnya gedung-gedung pusat perbelanjaan, melihat wajah indonesia dari mewahnya apartemen-apartemen kota, melihat wajah indonesia dari mengerikannya nasip para TKI dan TKW, melihat wajah indonesia dari indahnya alam pegunungan, melihat wajah indonesia dari luasnya lautan, melihat indonesia dari beragamnya suku yang ada di dalamnya, melihat indonesi dari para kaum intelektual mahasiswa yang begitu menikmati pendidikannya, melihat indonesia dari damainya pedesaan, melihat indonesia dari tenangnya masyarakat adat, melihat indonesia dari tokoh-tokoh yang korup, melihat indonesia dari para pengabdi masyarakat.

Dan aku ingin melihat indonesia dari seribu sudut pandang sehingga aku bisa menceritakan kepada dunia, apa itu indonesia. Sebuah tulisan yang saat ini ingin aku tulis… sehingga di masa depan orang bisa memahami wajah indonesia.

8 comments on “Seribu Wajah Indonesiaku

  1. seribu kisah, seribu wajah
    seribu warna, seribu cerita
    satu Indonesia.

    Qi Qi Qi

  2. Jangan Indonesia dulu om, terlalu muluk, coba dari Bogor dulu 🙂

    • kalo yang bogor ente yang bikin gan? ane kasih lapak buat ente dah.. hahahaha.. ane ingin keliling indonesia gan… 1000 sudut pandang.. xixixi

  3. masih ingatkah dengan makanan lokal asli Indonesia,
    Cintai Indonesia dan Lestarikan makanan asli Indonesia

    http://dewistorys.wordpress.com/2011/03/13/klepon-vs-takoyaki/

Tinggalkan Balasan

