7 Komentar

Desa Dukuhrejo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan

Dukuhrejo merupakan desa transmigran yang terletak di pulau Kalimantan, yang  secara adminstratif  termasuk dalam wilayah kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Sebelah utara Desa Dukuhrejo dibatasi oleh Kabupaten Kotabaru, sebelah selatan dibatasi oleh sungai selilau, sebelah barat dibatasi oleh desa Rejosari, dan sebelah timur dibatasi oleh desa Mantawakan mulya. Jarak dari pusat pemerintahan desa ke pusat pemerintahan kecamatan sejauh empat km, jarak ke pusat pemerintahan administrasi sejauh 55 km, jarak ke ibu kota kabupaten/kotamadya daerah tingkat II sejauh 40 km. Kondisi transportasi dari dan ke Desa Dukuhrejo masih kurang layak yaitu dengan fasilitas jalan berlumpur dan sebagian berbatu begitu juga dengan jembatannya terbuat dari kayu.

            Desa Dukuhrejo dibagi menjadi tiga dusun dan tiga belas rukun tetangga (RT). Jumlah penduduk desa ini adalah 1488, penduduk yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 813 jiwa dan penduduk yang berjebis kelamin perempuan sebanyak 675 jiwa. Sektor ekonomi yang terdapat di Desa Dkuhrejo adalah usaha pertanian, usaha peternakan, usaha perkebunan, usaha perdagangan, dan pegawai pabrik. Wilayah ini memiliki potensi yang besar dilihat dari segi sumberdaya alamnya, seperti goa liangbangkai dan gunung batu yang belum dikelola, namun memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang ekowisata, karena belum terkontaminasi sedikitpun, lahannya sebagian besar masih berupa lahan pertanian. Kegiatan pertanian sangat potensial untuk dikembangkan, terutama perkebunan sawit dan karet. Secara umum kegiatan ekonomi masyarakat untuk jangka panjang banyak bertumpu pada sektor pertanian ( perkebunan sawit dan karet), namun untuk  pemenuhan kebutuhan sehari-hari saat sekarang masyarakat bertumpu pada pemasukan sebagai pegawai atau buruh perusahaan tambang dan kayu.

             Di Desa Dukuhrejo juga terdapat lembaga – lembaga masyarakat yaitu kelompok PKK, FKPM (Forum Komunikasi Polisi Masyarakat ), karang taruna, kelompok remaja masjid,  kelompok yasinan, kelompok tani, dan LPM ( Lembaga Pengabdian Masyaraka). Lahan pertanian di Desa Dukuhrejo digunakan untuk penanaman palawija, buah-buahan, dan sayuran, yang terutama digunakan untuk perkebunan sawit dan karet. Sebagian besar tanah pertanian yang dikelola warga adalah milik sendiri.

Oleh : Siti Anisah Maemonah, Galih Riyadi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB

Iklan

7 comments on “Desa Dukuhrejo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan

  1. waaww…ada juga ternyata Dukuhrejo Kalimantan, sama kayak nama yang di Jawa. ehm.mm perkebunan karet dan sawit nya bisa di contoh….

  2. senang membacanya;)

  3. segara perbanyak konten nis plus foto foto ya

  4. Lowong mayoritas penduduke orang trasmigrasi dari jawa ya pantaslah nama daerah ada kesamaan….unda ja lawas kalawasan bisa jua bapandir bahasa jawa.

  5. salam kenal dr sukadamai

  6. mga desa q yg q cNta bza maju, & sejahtera… Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: