3 Komentar

Melawan tantangan, layang-layang terbang melawan angin

Sebuah pertanyaan kecil kemudian muncul, mengingatkan pada perkataan seorang dosen yang pernah kulihat menjadi moderator dalam sebuah diskusi. Pertanyaannya adalah, bagaiman sebuah layang-layang bisa terbang? Jawabannya sedemikian sederhana. Karena layang-layang diterbangkan oleh angin. Namun angin yang bertiup kencang tak lantas begitu saja dapat menerbangkan layang-layang. Bayangkan saja, manakala layang-layang itu diterbangkan mengikuti arah angin. Maka mustahil layang-layang tersebut bisa terbang sesuai harapan pemiliknya.

Jika ditelusuri, layang-layang ternya bisa terbang mankala ia diarahkan melawan tiupan angin. Sebuah filosifi yang luar biasa manakala layang-layang diibaratkan layaknya kehidupan. Dalam kehidupan, layang-layang adalah manusia, dan angin adalah tantangan. Selalu ada dua pilihan dalam kehidupan. Manakala kita memutuskan untuk mengikuti kemana permasalahan itu membawa kita, maka jadilah kita layang-layang yang tidak mampu terbang. Sebaliknya, sangat bijak apabila masalah dan tantangan itu kita lawan, hasilnya tentu akan sangat berbeda. Kita akan menjadi layang-layang yang dapat terbebang bebas di angkasa.

Namun bukan berarti saat berhasil melawan angin dan dapat terbang. Layang-layang itu bisa tenang begitu saja. Banyak layang-layang lain yang kemudian beterbangan. Yang kemudian akan menyebabkan pertarungan diangkasa. Pertarungan rupanya masih akan berlanjut. Selalin mempu melawan permasalahan kita sendiri, banyak persaingan di luar sana yang menawarkan pertarungan. Jika tidak berani bertarung, maka bersiap lah untuk turun. Atau jika tidak memiliki kekuatan dan strategi bersiaplah terputus dan terbang tanpa tujuan.

 Jadi, ‘layang-layang terbang melawan angin’, dan ‘terbangnya layang-layang tidak bebas dari layang-layang lain’.

Iklan

3 comments on “Melawan tantangan, layang-layang terbang melawan angin

  1. eum yaa.. faktor lain yang menentukan adalah kuat atau tidaknya tali senar yang kita pakai…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: