Tinggalkan komentar

Tips Turun dari Pendakian

Mengingat salah satu pesan dari iklan produk susu kesehatan tulang, bahwa menaiki tangga lutut menanggung beban tubuh 3 kali. Sementara untuk turun, lutut menanggung beban lima kali beban tubuh. Disamping itu, kebanyakan para pendaki mengalami cedera kaki (terkilir dan lain sebagainya) saat mereka sedang berjalan turun. Hal ini memang sangat wajar terjadi mengingat pada saat turunan hentakan kaki kita dibantu oleh grafitasi yang membuat kaki menghasilkan berat dinamis. Ya… Lebih berat dari hentakan sebenarnya.

Menanggapi hal tersebut menarik sekali saat saya melakukan pendakian ke gunung cikurai (semoga dapat saya posting di edisi sebelumnya) mendapatkan selembaran mengenai cara turun yang aman. Disini terlihat sekali bagaimana posko pendakian cikurai sangat memperhatikan keselamatan peserta pendaki saat turun.

Menariknya, apa yang tertulis dalam selebaran yang dibagikan itu sama seperti apa yang saya lakukan dalam beberapa pendakian belakangan ini.

Baik. Kurang lebih foto dibawah ini menjelaskan beberapa hal terkait cara aman turun dari pendakian. Selamat menyimak. Selamat mendaki… Salam lestari…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: