1 Komentar

Iseng mulu… Seriusnya kapan?

Saya banyak mengikuti forum-forum diskusi kehobian di jejaring sosial Facebook. Mulai dari forum fotografi, desain grafis, dan perfilman. Hampir di semua forum ini ada postingan yang membahas karya-karya orang luar negeri yang sebenernya biasa tapi jadi keren karena memang digarap dengan serius. karya-karya semacam itu sebenarnya bukan tidak sanggup kita kerjakan. Hanya saja keuletan yang masih perlu kita tingkatkan.

Berbeda dari postingan review hasil-hasil bule tersebut. Pengantar postingan hasil karya anak bangsa kita sangat tidak “menjual”. Apa yang bisa kita banggakan dengan judul postingan “iseng-iseng” motret. Iseng-iseng bikin film. Iseng-iseng ngedeasain. Dan ribuan iseng-iseng lainnya.
Dan tau bagaimana hasil iseng-iseng? Ya kaya hasil iseng-iseng. Kelihatan ga serius dan terlalu banyak hal-hal kecil yang disepelekan. Percaya atau tidak karya profesional itu kelihatan keren karena orang-orang dibelakangnya sangat menperhatikan hal-hal detail.
Saat ini orang-orang kita sedang ramai menonton drama kolosal Mahabarata dan sejenisnya. Mengapa film ini lebih meledak ketimbang drama kolosal produk kita yang di tayangkan di Indosiar? Jawabannya tadi. Karena karya kita terlalu banyak yg dikerjakan dengan keiseng2an.
Tulisan ini sebenarnya mengeritik diri saya sendiri. Terlalu bayak saya berkarya hanya dengan iseng2 saja. Sekarang saya kemudian menyadari, kenapa karya-karya saya selama ini tidak saya kerjakan secara serius ya???
Hem mulai sekarang mari belajar berkarya dengan serius. Hal kecil yang dikerjakan dengan serius bisa menjadi karya besar. Namun hal besar yang dikerjakan hanya dengan iseng2 hanya akan menjadi karya yang kecil.

Selamat berkarya.

Iklan

One comment on “Iseng mulu… Seriusnya kapan?

  1. Keren kak aha, jadi merasa tersindir nih. karena selama ini mengerjakan sesuatu banyak iseng nya. hahha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: