11 Komentar

Cara Memeriksa Tulisan Salah Ketik di Microsoft Word

Kunjungan Web

Kesalahan dalam pengetikan sepertinya menjadi masalah yang serius yang dihadapi oleh banyak orang. Saya tidak perlu melakukan survey untuk mengetahui itu, cukup saya lihat dari beranda blog saya dimana postingan Cara Memeriksa Tulisan Salah Ketik di Microsoft Word  selalu eksis setiap minggunya sebagai postingan yang paling sering dikunjungi.

Kesalahan pengetikan memang menjadi sangat meresahkan apalagi kita yang bekerja sebagai profesional atau untuk mengerjakan laporan ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, dan lain sebagainya. Berikut ini akan saya posting cara mendeteksi tulisan salah ketik di Ms. Word yang telah saya uji sendiri kemutakhirannya, sebelumnya saya minta maaf, karena lupa darimana sumber ini sebelumnya saya dapatkan. Darimana pun itu, saya sangat berterima kasih bagi penemunya.

Oke… kita mulai. 

1. Silahkan download file kamus bahasa Indonesia di sini

2. Ekstrak File tersebut, ke folder yang mudah anda akses.

3. Buka Windows Explorer , kemudian pilih Show Hidden File, Folders, and Drives pada bagian options, tujuannya adalah menampilkan folder yang disembunyikan, karena file yang akan kita tambahkan berada dalam folder windows yang tersembunyi. Seperti pada gambar:

Unhide

4.  Buka Microsoft Office, Pilih menu dan Word Option.

Word Menu2

5. Pilih Proofing, kemudian klik Custom Dictionaries.

Proofing

6. Perhatikan garis link explorer yang saya garis merah. tugas anda sekarang adalah mengcopy file yang tadi sudah di download ke direktori di bawah ini di komputer anda. caranya, buka windows expolorer –> Users –> dan seterusnya.

CD

EX

perhatikan Direktori kedua gambar tersebut, pastikan sama.

7. berikutnya Klik Add, dan pilih “bahasa” yang tadi telah kita paste di folder tersebut lalu klik open.

Add

Untitled-4

8. Centang, kemudian klik ok, dan ok.

centang

9. Tahapan Kerja sudah selesai. sekarang tinggal pengaturan di di Ms. Word saja. saya akan menunjukkan bagaimana cara kerjanya. pertama saya akan membuka salah satu file di komputer saya. Jika kita lihat secara sepintas, maka kita kesulitan mengetahui tulisan mana yang salah ketik dan mana yang sudah benar.

kenapa kita kesulitan mengetahui tulisan salah ketik? jawabannya –> “Murenut sautu pelneitian di Uinervtisas Cmabridge, utruan hruuf dlaam ktaa tiadk penitng. Ckuup huurf petrama dan trekahhir ynag ada pdaa tepmatyna. Siasyna bsia dtiluis bernataakn, teatp ktia daapt mebmacayna. Ini dsieabbkan kaerna oatk ktia tdiak m…ebmcaa huurf per hruuf, nmaun ktaa per ktaa.Laur bisaa kan?Sdaar aatu ngagk klaian brau sjaa mambcea dgnaen tiluasn ynag batrantakan.”

anda bahkan bisa membaca tulisan itu yang sudah jelas semunya salah ketik.

cara paling ampuhnya adalah mengeja huruf satu persatu. jika tulisannya sedikit, mungkin anda cukup untuk mengejanya. bagaimana dengan tulisan berpuluh-puluh halaman?

Bahasa

10. sekarang mari kita coba apa yang baru saja kita kerjakan. Blok semua teks (cara cept “ctrl+A”)sekarang pilih Review –> Set Language –> Pilih English (United States) –> Pastikan “Do Not Check Spelling or grammer” tidak di contreng –> Klik OK. lihat apa yang terjadi??? kurang lebih seperti gambar berikutnya.

Praktek

Inilah hasilnya…

merah

tulisan-tulisan yang tidak terdeteksi dalam kamus adalah tulisan yang kemungkinan besar salah dalam pengetikan atau masuk dalam kategori kata yang tidak baku, atau mungkin juga memang belum masuk dalam kamus, tulisan tersebut secara otomatis akan memiliki garis merah di bawahnya. hal ini akan mempermudah kita menemukan tulisan-tulisan yang salah dalam pengetikan dan sebagainya. kemudian, untuk tulisan dengan garis bawah hijau, kemungkinan kesalahan pada format, yakni bisa spasi ganda dan sebagainya.

Sekarang, setelah mengetahui kata mana saja yang salah dalam tulisan formal anda, anda hanya perlu menelusuri dan perbaiki secara manual.

 

Demikian lah tutorial ini saya susun, harapan saya tutorial ini dapat dipahami bahkan oleh mereka yang awam dalam pengoperasian komputer.

kalo ada pertanyaan, masukan dan sebagainya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. tidak perlu bayar kok. santai saja.

Iklan

11 comments on “Cara Memeriksa Tulisan Salah Ketik di Microsoft Word

  1. saya udah praktek, makasih yaaa infonya membantu sekali 😀

  2. […] Up date terbaru silahkan baca di —>  https://ahnku.wordpress.com/2014/10/23/cara-memeriksa-tulisan-salah-ketik-di-microsoft-word-2/ […]

  3. saya sudah coba mengikuti tahapan-tahapan. tapi kenapa tidak bisa..

  4. Test dulu di dokumen baru dengan mengetik kata yang salah… jika tidak berhasil pertama pstikan pengaturan bahasa sudah benar. kedua pastikan input keyboard juga dalam bahasa inggris, bukan bahasa indonesia.

  5. saya kok g paham cara2x ya cei windows explorx g ktmu
    adax internet explor

  6. terima kasih banyak, gak typo typo lagi deh hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: