Tinggalkan komentar

Alasan Enggan Menjadi Saksi

Beruntung sekali, sebelumnya saya berkesempatan ikut tim kepolisian untuk melakukan penelitian mengenai sulitnya menemukan masyarakat yang mau menjadi saksi saat terjadi tindak pidana yang prosesnya sangat membutuhkan informasi dari saksi. menjadi saksi memang masih menjadi beban sendiri bagi masyarakat. selain memang di kenal ribet dan buang waktu banyak kejadian dimana saksi dan kedua belah pihak berseteru atau korban kejahatan tidak memiliki hubungan kekerabatan. hal ini membuat, tidak ada untuknya bagi saksi saat bersedia menjadi saksi.

selintas saya tergelitik melihat gambaran hasil penelitian ini. Satu pertanyaan yang menjadi fokus saya adalah, Mau kah anda menjadi saksi apabila terjadi kecelakaan lalu lintas di depan anda. berikan alasan anda.

Pertanyaan demikian tentu saja hanya mengerucut pada dua jawaban, yakni mau dan tidak mau. hanya saja mereka diberikan kesempatan untuk menceritakan alasan atau saran-saran kenapa mereka mau atau tidak mau. maka ditemukan lah dua jawaban.

Pertama. Tidak Bersedia. jawaban ini menjadi jawaban paling dominan dengan alasan:

1. Buang Waktu

2. Takut

3. Tidak ada kekerabatan dengan korban

4. Ribet

 

Kedua, Bersedia menjadi saksi. Dalam hal ini informan tidak memberikan alasan kenapa bersedia menjadi saksi, melainkan memberikan persyaratan agar mau menjadi saksi, adapun syaratnya adalah:

1. Asal Tidak mengganggu waktu kerja saya

2. Ada perlindungan kepada saya

3. Ada hubungan kekeluargaan dengan korban

4. Tidak dipersulit di kepolisian.

 

Dua jawaban yang berbeda namun hanya ilusi. bagaimana tidak, kedua jawaban ini sebenarnya pada dasarnya sama saja. hanya memberikan perbedaan dari cara menjawab saja.

yah… inilah kenyataan yang harus dihadapi kepolisian, mencari masyarakat yang bersedia menjadi saksi sepertinya membutuhkan perjuangan yang masih sangat panjang.

*ini belum merupakan laporan penelitian ilmiah, ini hanya pandangan pada satu pertanyaan saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: