Tinggalkan komentar

7 Tips Fotografi untuk Foto Yang Luar Biasa

Ini barangkali postingan pertama saya mengenai tips fotografi. ke depan, saya berniat untuk memanfaatkan blog ini untuk sekalian sharing fotografi sekalian saya mendalami ilmu fotografi sekalian saya bisa menulis dan berbagi lewat blog ini. sebelumnya untuk penulisan isi dari tips seperti ini tidak akan sepenuhnya merupakan hasil tulisan saya, sebagian besar akan saya sadur dari praktisi-praktisi lain yang banyak menuangkan ilmunya dalam tulisan.

Untuk kita yang baru-baru masuk ke dunia fotografi, maka ada beberapa hal yang penting diperhatikan untuk mendapatkan gambar yang baik. Gambar yang baik dalam hal ini adalah gambar yang memang enak di lihat karena tidak menentang logika dan cara pandang mata kita terhadap foto. Untuk itu, dari referensi yang ada, inilah 7 tips fotografi untuk menghasilkan gambar yang luar biasa.

1. Frame yang Terisi
Apa yang kita lihat di viewfinder atau LCD Kamera adalah gambar yang akan muncul pada hasil foto kita. Kita harus memastikan bahwa apa yang kita inginkan di awal memang benar-benar ada pada frame dan sedikit atau tidak ada hal yang tidak kita inginkan ada dalam frame. Dalam hal ini kita harus memahami bahwa komposisi adalah sesuatu yang sangat penting dalam fotografi dan jika kita ingin komposisi yang baik, maka kita harus bisa sedekat mungkin dengan objek.

FRAME FOTOGRAFI

2. Kesederhanaan dan Memaksimalkan
Setelah kita memilih objek, kita ingin menjadikan objek itu yang paling terlihat dan menonjolkan kelebihannya sebagai hasil dari foto kita. Maka cara yang dapat kita lakukan adalah memposisikan objek tersebut dengan background atau sesuatu yang contras, kita bisa bereksperimen dengan eksposur dan komposisi dan mencoba memaksimalkan frame kita secara kreatif dengan benda-benda yang ada di sekitar objek

3. Jangan menempatkan Subjek Di tengah
Menempatkan subjek di tengah frame akan menghasilkan foto yang membosankan, gambar yang kusam. Tingkatkan kreativitas dan ikuti aturan seperti golden ratio (Akan di bahas berikutnya), atau aturan sepertiga (Akan Dibahas Berikutnya) untuk menghasilkan komposisi yang spektakuler.

SUBJEK DI TENGAH

4. Ciptakan Kedalaman Pada Gambar
Ada benda-benda yang ada di sekitar anda yang dapat digunakan untuk melengkapi komposisi agar menghasilkan gambar yang lebih mendalam. Tempatkan objek latar depan dekat dengan kamera dan background jauh untuk membuat sebuah cerita visual yang menarik.

5. Menghubungkan titik-titik
Sering kali kita memotret banyak subjek dalam satu frame. Seluruh elemen yang ada dalam gambar tersebut perlu saling menghubungkan untuk mendapatkan gambar yang semakin bermakna. Cara untuk menghubungkan semuanya adalah dengan menggunakan garis terdepan yang akan membantu pemirsa untuk memahami hubungan antar elemen.

6. Perspective adalah segalanya
Ini pasti menjadi hal pertama yang diajarkan jika kita mengikuti sebuah workshop atau kursus fotografi. Merubah perspektif adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil gambar yang jauh lebih menarik. Tidak ada yang lebih membosankan daripada perspektif biasa yang kita lihat setiap hari dengan mata dalam sepanjang hidup kita. Lihat dari atas, membungkuk, dan kelilingi subjek foto kita untuk dapat menemukan perspektif baru yang lebih menarik, kemudian abadikan sudut pandang tersebut dan biarkan orang lain melihat apa yang anda hasilkan.

7. Pencahayaan adalah segalanya
Tidak satupun komposisi yang baik akan menyelamatkan gambar kita dari pencahayaan yang buruk. Pencahayaan adalah kunci segalanya dalam fotografi (kita sering sebut juga kalau fotografi adalah melukis dengan cahaya) dan menjadi salah satu bagian paling penting dalam setiap jenis fotografi, kita harus memiliki kontrol sepenuhnya untuk pencahayaan tersebut. Sayangnya kita tidak dapat selalu memotret dalam waktu yang baik, tapi tentu saja ada trik yang bisa kita gunakan seperti menggunakan reflektor dan mengarahkannya ke area gelap yang akan membuat hasil kita tetap baik walaupun dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik. Cahaya Fotografi
(source: www(dot)photographytalk(dot)com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: