Tinggalkan komentar

Anda Pasti Melakukan 6 Kesalahan ini dalam Fotografi

Kesalahan Dalam Fotografi

Fotografi jelas bukan hal yang sulit yang dapat kita lakukan. Namun, tidak ada yang mengatakan kalo itu adalah hal yang mudah. Ada banyak kesalahan yang dapat terjadi. Beberapa alasan dibalik kesalahan tersebut adalah terlalu banyak bergantung pada mode otomatis atau kurangnya pengetahuan mengenai fotografi sendiri.
Berbicara mengenai pengetahuan dan pendidikan fotografi, kita membutuhkan pengetahuan menyeluruh mengenai fotografi, dari sejarahnya seluruh informasi teknikal yang kita bayangkan, itu sangat sederhana hanya dengan satu klik.
Akan tetapi, dengan membaca seluruhnya tidak akan membuat kita bebas dari melakukan berbagai kesalahan. Di bawah ini akan dibahas beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang dalam dunia fotografi.

1. Lupa mengatur Exposure
Ketika kita mengikuti sebuah subjek dari satu titik ke titik berikutnya, hal ini dengan mudah membuat kita lupa mengenai pengaturan vital seperti exposure. Katakanlah kita sedang memotret seseorang di dalam ruangan dan orang tersebut memutuskan untuk pergi keluar ruangan. Ini situasi yang sangat umum dalam memotret event. Segera kita keluar ruangan kondisi cahaya sangat berbeda dan pengaturan harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. Pemula selalu lupa untuk menyesuaikan eksposur dan pada umumnya akan menghasilkan gambar overexposure yang mungkin atau bahkan tidak mungkin diperbaiki di pasca proses seperti bantuan perangkat lunak.

2. Chimping
Pada dasarnya, istilah “chimping” adalah ketika kita memeriksa setiap foto yang kita ambil pada LCD. Hal ini menjadi aktivitas favorit fotografer pemula. Faktanya, kita bisa melihat dengan mudah banyak para pemula yang memeriksa hasil fotonya di LCD setelah memotret. Jangan lakukan itu kecuali kita ingin kehilangan momen penting.

3. Masih Menggunakan JPG
Satu-satunya alasan anda menggunakan JPG pada tahun 2015 ini adalah jika anda menggunakan handphone untuk mengambil gambar. Selain itu, lupakan JPG dan gunakan RAW

4. Terburu-buru mengambil gambar
Masih tidak diketahui mengapa begitu banyak pemula melakukan sesuatu dengan terburu-buru. Hal ini mungkin salah satu karena mereka ingin terlihat seperti profesional atau itu strategi untuk menutupi rasa tidak aman mereka. Apapun alasannya, itu adalah kesalahan. Perlahan, pastikan frame tepat dan berinteraksi dengan subjek. Lebih baik mengambil lima foto dengan santai, ketimbang ratusan gambar yang buruk dalam beberapa menit.

5. Mengandalkan Software
Berapa kali kita mendengar seseorang di sekitar kita yang mengatakan “saya akan memperbaikinya dengan photoshop”?, itu salah. Jika kita ingin mejadi fotografer yang baik, lakukan dengan benar di kamera dan lakukan penyesuaian akhir di photoshop. Jangan berharap sampah berubah menjadi emas.

6. Memotret dengan Hitam-Putih
Ini tidak terdengar seperti sebuah kesalahan dan memang tidak jika kita menggunakan efek hitam putih, sepia, dan lainnya dengan benar. Masih banyak fotografer percaya bahwa dengan menghilangkan warna akan menambahkan nilai pada gambar mereka. Fotografi hitam putih terlihat sederhana, tapi sebenarnya tidak.

Itulah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan. Dan jika anda memang sudah pernah memotret pasti melakukan kesalahan yang ada tersebut. Jadi mulai sekarang, tingkat kemampuan fotografi, dan belajar dari kesalahan yang pernah ada.

(source: www(dot)photographytalk(dot)com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: