1 Komentar

Memanfaatkan Tantangan dari Lomba Fotografi

Berpartisipasi dalam sebuah perlombaan foto bisa menjadi suatu hal yang menarik, di samping itu akan memberikan pelajaran yang sangat baik untuk kita dan dapat meningkatkan keterampilan fotografi. Walaupun tidak pernah memenangkan sebuah perlombaan fotografi, kita memiliki kesempatan untuk melihat ratusan atau bahkan ribuan foto dari para kompetitor. Di sana kita dapat melihat dan membandingkan para pemenang, kita mempelajari bagaimana mereka menang, dan apa tambahan pengetahuan yang harus kita praktikkan agar kualitas foto kita terus semakin baik.

Ada banyak lomba fotografi sepanjang tahun di seluruh dunia. Beberapa dikhususkan pada kalangan profesional, dan yang lainnya bisa diikuti semi profesional. Beberapa fokus pada type fotografi tertentu seperti pemandangan, potret, pernikahan, hewan, anak-anak, dan lain-lain. Kita mungkin pernah mengambil foto pada saat liburan atau saat berjalan-jalan, tanpa ada niatan dari awal untuk mengajukannya pada sebuah lomba. Hasil potret tersebut mungkin bisa menang, namun hanya jika kita mengirimkannya pada sebuah kompetisi yang tepat. Metode terbaik adalah dimana kita memotret dengan sadar dan terencana untuk mengikuti sebuah kontes. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam mengikuti lomba adalah:

1. Pilih foto terbaik dan sesuai dengan kriteria kontes
Luangkan waktu untuk melakukan browsing atau semacam penelitian kecil untuk memahami jenis kontes, aturan pengajuan karya dan perhatikan kualitas pemenang sebelumnya. pikirkan tentang apa jenis foto yang akan kita ciptakan, sesuai dengan daftar sebelumnya, yakni pemandangan, hewan, anak-anak, dll. Kemudian temukan kontes yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai dan kita memiliki keterampilan di dalamnya.

2. Tinjau persyaratan pengiriman
Membaca aturan kontes sehingga kita memahami semua aturan kompetisi secara detail dan terperinci.
Apakah ada materi kriteria khusus untuk kontes?
Apakah ada formulir yang harus diisi?
Apakah fota yang dikirimkan via on line atau off line?
Apa jenis file yang dikumpulkan, berapa ukuran yang di minta?
Dan lain-lain secara rinci mengenai sebuah lomba.

3. Menulis pemenang
Foto digital yang salah dalam pengambilan, terlalu cerah, fokus tidak jelas, dan kesalahan teknis lain tidak akan menarik perhatian dari para dewan juri. Belajar dan terus belajar adalah hal terpenting dalam memenangkan lomba, jangan berfikir kita akan mengambil gambar beberapa hari sebelum deadline lomba, apalagi kalo itu adalah lomba foto yang pertama kita ikuti. Belajarlah yang banyak, sehingga hasil gambar kita benar-benar unik dan baru bagi para juri. Lakukan riset yang panjang untuk memenangkan sebuah perlombaan. Foto terbaik minimal mengantarkan kita jadi finalis, walaupun bukan pemenang.

Iklan

One comment on “Memanfaatkan Tantangan dari Lomba Fotografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: