Tinggalkan komentar

Keris

UPDATE…… mau FOTO FOTO KERIS??? LIAD di sini….

http://www.flickr.com/photos/44975508@N04/page1 (ACARA)

http://www.flickr.com/photos/50471595@N07 (NARSIS)

http://www.flickr.com/photos/50476872@N02/ (NARSIS)

_______________________________________________________

Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang bertugas untuk menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemajuan IPTEKS dan kesejahteraan masyarakat. Implementasinya adalah melalui pelaksanaan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas mahasiswa dan kelembagaan kemahasiswaa melalui peningkatan softskill berupa penyelenggaraan penelitian, pelatihan penulisan dan forum pertemuan karya ilmiah.

Salah satu metode yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa adalah dengan belajar bersama masyarakat yang lebih ditekankan permasalahan sosial dan lingkungan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Proses belajar-mengajar yang dilakukan melalui pendidikan di alam terbuka diharapkan dapat mempertemukan ide-ide atau gagasan dari setiap individu sebagai salah satu sumber belajar. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan juga mendaptkan pengetahuan baru selain dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat secara teori.

Kemah Riset FEMA IPB merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan demi peningkatan kualitas mahasiswa di bidang riset akademik dan kepekaan terhadap permahasalahan di masyarakat. Kegiatan ini akan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar melakukan penelitian dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah agar dapat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat. Sebelum pelaksanaan kegiatan KEMAH RISET ini, dilakukan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dan teknik presentasi serta pelatihan penggagasan dan penulisan proposal penelitian yang bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis tentang penelitian ilmiah kepada mahasiswa FEMA IPB.

Pada tahun 2010, KERIS mengambil tema Menjaga Kearifan Lokal Menuju Terwujudnya Ketahanan Pangan, dan Keluarga dalam Menghadapi Modernisasi. Tema ini diangkat sebagai bentuk kolaborasi antara tiga elemen keilmuan yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen, Gizi Masyarakat serta Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Berkaitan dengan tema tersebuat diharapkan mahasiswa mampu berkolaborasi dalam menerapkan disiplin ilmu masing- masing terkait dengan bentuk kontribusi mahasiswa FEMA IPB dalam pencapaian kualitas kehidupan berkelanjutan untuk mendukung pencapaian MDG’s di Indonesia serta meningkatkan sumberdaya manusia dengan memperhatikan sumberdaya alam, pangan dan pola pengasuhan terhadap keluarga, sehingga dalam pencapaiannya kegiatan Kemah Riset FEMA IPB diharapkan mampu memperdayakan potensi disekitar masyarakat untuk meningkatkan kearifan lokal dalam kehidupan yang berkelanjutan.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama “Kemah Riset Fakultas Ekologi Manusia 2010” yang disingkat KERIS FEMA’10.

TEMA KEGIATAN

Tema riset dalam kemah ini adalah “ Menjaga Kearifan Lokal Menuju Terwujudnya Ketahanan  Pangan dan Keluarga dalam Menghadapi Modernisasi”.

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari kegiatan ini antara lain :

  1. Meningkatkan kemampuan riset dan observasi mahasiswa meliputi, pengumpulan, pengolahan data, serta penulisan laporan.
  2. Menumbuhkembangkan kepedulian mahasiswa dan masyarakat terhadap kondisi lingkungan serta isu-isu yang terkait dengannya.
  3. Menemukan kondisi serta permasalahan kearifan lokal di daerah setempat.
  4. Meningkatkan kreativitas dan solidaritas mahasiswa dalam berinteraksi dengan sesama civitas akademia maupun dengan masyarakat umum.

DESKRIPSI KEGIATAN

Kemah Riset 2010 merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan untuk menghimpun mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia dari berbagai departemen yang ada (Gizi Masyarakat, Ilmu Keluarga dan Konsumen serta Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat) selama dua hari untuk melakukan penelitian dan turun langsung ke masyarakat dalam mengamati fenomena masyarakat terkait disiplin ilmu masing- masing sebagai bentuk pengaplikasian bidang keilmuan. Kegiatan ini juga sebagai upaya  nyata untuk mengotimalkan, mengembangkan, dan meningkatkan softskill mahasiswa FEMA sehingga mampu memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan kognitif, komunikasi, interpersonal, kerjasama, pengembangan sikap dan perilaku yang akhirnya mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan stakeholders. Adapun serangkaian acara yang diselanggarakan dalam Kemah Riset 2010  ini akan dijelaskan sebagai berikut:

KEGIATAN

  1. 1. Sosialisasi dan Pelatihan Turun Lapang dan Pembuatan Proposal

Deskripsi Kegiatan                        :    Sosialisasi lokasi dan pengelompokan peserta KERIS 2010 berdasarkan kolaborasi departemen yang ada di FEMA IPB (GM, IKK, KPM). Peserta KERIS 2010 dibimbing oleh panitia dan dosen terkait dengan tema yang diambil disesuaikan dengan lokasi riset,  setelah itu peserta yang telah dikelompokan berdasarkan kolaborasi departemen diharuskan membuat proposal turun lapang sebagai syarat utama untuk melakukan riset.

Hasil yang Diharapkan                  :    Mahasiswa FEMA dapat saling bekerjasama serta berkolaborasi lintas departemen FEMA terkait bidang kelimuan yang diambil sehingga mampu melihat fenomena sosial di lokasi riset secara holistik. Meningkatkan soft skill mahasiswa FEMA dalam pembuatan proposal riset yang benar.

2. Pengumpulan data Penelitian ke Masyarakat di Sekitar Lokasi Kemah

Deskripsi Kegiatan                        :    Pengumpulan data dan penelitian dilakukan oleh kelompok sesuai dengan tema umum yaitu “Kearifan Lokal, Kedaulatan Pangan, dan Ketahanan Pangan dalam Modernisasi”, adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik-tenik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, yang disertai data-data sekunder dari pihak terkait.

Hasil yang Diharapkan                  :    Mahasiswa FEMA dapat mengetahui livelyhood asset yang dimiliki oleh masyarakat kampong Naga (Human Resouce, Social Capital, Financial, Physical, Natural Resourcei), selain itu peserta KERIS dapat mengetahui permasalahan serta kebutuhan masyarakat Kampung Naga.

3. Focus Group Discussion

Deskripsi Kegiatan                        :    Peserta KERIS yang telah mengumpulkan data yang dibutuhkan kemudian dilakukan transfer informasi antar kelompok untuk menyamakan persepsi disertai dengan para pembimbing yang ada seperti pantia dan dosen. Selanjutnya, dilakukan “Focus Group Discussion, dimana para mahasiswa, dosen, melakukan pendekatan “Participation Rural Appraical” yaitu sebuah metode pendekatan partisipatif dengan masyarakat serta stakholeder setempat untuk saling berdiskusi, berbagi informasi,  serta bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang didapatkan di lokasi kemah.

Hasil yang Diharapkan                 :    Mahasiswa, dosen, masarakat dan stakeholder setempat dapat saling  FEMA dapat saling bekerjasama serta berkolaborasi untuk melihat dan mengetahui berbagai fenomena sosial di lokasi riset dari sudu pandang semua pihak (mahasiswa, dosen, masyarakat, dan stakholder)

4. Games Kelompok

Deskripsi Kegiatan                        :    Kegiatan ini berupa permainan yang diberikan panitia kepada peserta kemah untuk meingkatkan kreativitas peserta kemah sebagai wujud cinta budaya FEMA TERASA MANIS (Tekun, Jujur, Adil, Santun, Harmonis, Kebersamaan, dan Kompetisi Sehat).

Hasil yang Diharapkan                  :    Mahasiswa FEMA dapat saling bekerjasama serta berkolaborasi lintas departemen FEMA, serta meningkatkan kebersamaan dan keakraban.

5. Lokakarya dan Pemilihan Karya Tulis Terbaik KERIS 2010

Deskripsi Kegiatan                        :    Kegiatan yang berupa persentasi tiap kelompok terkait pembahasan hasil riset melalui pengolahan dan analisis ditinjau dari bidang keilmuan masing-masing departemen yang ada di FEMA. Dosen dan pembimbing akan memilih kelompok dengan persentasi karya tulis terbaik yang pada akhirnya akan  dipilih sebagai pemenang dalam acara KERIS 2010.

Hasil yang Diharapkan                 :    Mahasiswa FEMA termotivasi untuk dapat menghasilkan karya yang lebih baik sebagai gerbang menuju jenjang perlobaan serupa yang lebih tinggi seperti Pekan Karya Tulis Mahasiswa.

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Kemah Riset Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia 2010 ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 16 Mei 2010. Kegiatan ini berlokasi Kampung Naga,  Tasik, Jawa Barat.

SASARAN KEGIATAN

Sasaran dari Kegiatan Kemah Riset Mahasiswa FEMA 2010 ini adalah civitas akademika FEMA dan masyarakat daerah Kampung, Naga, Tasik Jawa Barat.


LUARAN KEGIATAN

  1. Peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang konsep kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam.
  2. Peningkatan rasa peka dan peduli dalam diri mahasiswa terhadap masalah-masalah yang ada di masyarakat sekitar.
  3. Mahasiswa mampu melakukan proses pengumpulan data dan pengolahan data, serta penulisan laporan  hasil penelitian.
  4. Peningkatan kemampuan riset dan kesadaran mahasiswa akan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
  5. Peningkatan kesadaran kritis masyarakat tentang kondisi lingkungan sekitar.
  6. Menambah pengetahuan masyarakat mengenai peningkatan sumber daya manusia.
  7. Instansi terkait seperti PEMDA Tasikmalaya, Dinas Pertanian, serta Perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun BUMS yang memiliki hubungan timbal balik dengan masyarakat sekitar (khususnya tempat penelitian berlangsung) akan terdorong untuk bersama-sama memikirkan masalah yang terkait dengan Kearifan Lokal, Kedaulatan Pangan, dan Ketahanan Keluarga dalam Menghadapi Modernisasi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: